Bagaimana Cara Membuat Rencana Promosi


Rencana promosi adalah sebuah rencana yang berisi strategi rinci untuk memperluas bisnis anda atau memasarkan produk tertentu. Untuk dapat membuat ini, anda harus memasukan beberapa faktor sebagai pertimbangan, misalnya berapa batas anggaran dana anda, penjualan masa lalu dan hasil yang ingin kalian dapatkan.

Dalam membuat rencana promosi, kita harus membagi rencana kita dengan mitra kita, inestor, kreditur dan karyawan kita. Hal ini dilakukan agar terdapat jalinan arus informasi sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. Ini juga yang saya lakukan ketika ingin membuat rencana promosi untuk Terminal Kopi.

Setelah anda menerapkan rencana promosi, anda harus tetap pada rencana anda sehingga anda dapat melacak dan mengetahui kemajuan yang anda hasilkan dengan rencana promosi yang telah anda lakukan.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang saya gunakan untuk membuat Rencana Promosi Terminal Kopi.

Langkah Pertama

kumpulkan semua laporan keuangan bisnis anda. Dengan melihat laporan keuangan bisnis anda, anda dapat merinci berapa pendapatan penjualan dan berapa biaya operasional. Kemudian anda dapat menelaah berapa banyak anda mampu menyisihkan untuk biaya pemasaran. Yang perlu anda ingat adalah anda tidak boleh menggunakan dana yang anda gunakan untuk biaya operasional harian sebagai dana untuk mempromosikan produk anda.

Langkah Kedua

Tetapkan batas waktu. Banyak perusahaan yang menetapkan jangka waktu 12-bulan dalam rencana promosi mereka, tetapi Anda dapat menjadikan jangka waktu 12-bulan tersebut menjadi tujuan jangka pendek yang memiliki rentang waktu satu bulan atau satu minggu. Anda harus memastikan bahwa anda memiliki modal yang cukup untuk menutupi biaya pemasaran untuk selama waktu rencana promosi yang anda telah anda buat. Jika Anda memiliki dana yang sedikit, lebih baik anda melakukan kampanye promosi dengan waktu yang singkat.

Langkah 3
Mengidentifikasi target konsumen Anda, dan menyertakan penjelasan rinci tentang basic konsumen yang anda inginkan didalam rencana promosi ini. Usia konsumen atau kenis pekerjaan yang konsumen lakukan. Anda juga harus menentukan harga produk Anda karena akan tidak dapat secara efektif mempromosikan produk Anda jika target klien Anda tidak mampu untuk membelinya.

Langkah 4
Tentukan di mana Anda berniat untuk menempatkan produk dan iklan Anda, dan tuliskan daftar lokasi dimana saja produk anda aka dijual. Jika berencana untuk menjual produk melalui media online seperti yang dilakukan oleh Terminal Kopi, maka Anda harus mempertimbangkan untuk mempromosikan produk online sehingga calon klien dapat dengan mudah menemukan produk setelah melihat iklan. Jika Anda berencana untuk mempromosikan produk dengan poster atau iklan TV, maka pastikan bahwa Anda mempromosikan produk di daerah dekat dengan toko ritel di mana klien Anda dapat membeli produk.

Langkah 5
Tetapkan tujuan. Anda harus menetapkan tujuan pendapatan atau penjualan. Anda dapat menggunakan tujuan profit dalam jumlah rupiah atau berupa persentase kenaikan dari penjualan anda. Investor atau pemberi pinjaman akan mengacu pada tujuan ini ketika rencana Anda berakhir, jadi jangan menetapkan tujuan begitu tinggi bahwa Anda tidak dapat mencapai itu tapi jangan juga menetapkan target atau tujuan yang begitu rendah.

Langkah 6
Tulis daftar tanggung jawab tertentu harus dilakukan oleh masing-masing departemen atau personil bisnis sebagai bagian dari rencana promosi. Daftar ini harus mencakup data keuangan yang tepat yang telah anda anggarkan untuk masing-masing departemen.

Advertisements
Tagged with: , , , , , ,
Posted in Free Knowledge

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

January 2014
M T W T F S S
« Dec   Jun »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
Blog Stats
  • 25,518 hits
Categories
%d bloggers like this: