Petani Kopi – 1


Harga kopi gayo di Takengon dan Bener Meriah yang merupakan sentra penghasil kopi arabika terbesar di Asia , namun tidak bisa menjamin bahwa petani kopi disana mendapatkan penghasilan yang layak. Hasil dari para petani tersebut dibeli dengan seharga Rp.8.000-10.000 perKilo. Jika kita bandingkan dengan harga yang dibeli konsumen (End-user), maka harga tersebut sangat terlihat jauh perbedaannya. Harga yang dibeli konsumen bisa mencapai sepuluh kali lipat atau bahkan lebih dari harga yang dibeli dari petani.

Permasalahan dunia perkopian ini bukan hanya sekedar permasalahan jual-beli semata, namun permasalahan dimana petani tidak memiliki knowledge tentang harga kopi yang di beli oleh konsumen. Selain itu minimnya akses petani kopi terhadap pasar dan ketidakmampuan petani kopi dalam mengolah barang mentah (Buah Merah) menjadi kopi bubuk dapat membuat harga beli kopi diatur oleh para tengkulak.

Di lain pihak, pengusaha dan pemerintah menyatakan bahwa produktifitas petani kopi di Indonesia masih tergolong rendah, yakni rata-rata hanya 700 kg/hektare. Jumlah itu jauh lebih rendah dibandingkan kopi rakyat di Brazil yang mencapai 3 ton/hektare dan di Vietnam 2,2 ton/hektare. Hal ini wajar saja diungkapkan terutama oleh para pengusaha, dimana mereka menginginkan hasil/profit yang lebih banyak dengan cara meningkatkan penjualan kopi yang mereka beli dari petani kopi namun tetap membayar dengan harga yang murah.

Bersambung..

Advertisements
Posted in what i think

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

December 2013
M T W T F S S
« Sep   Jan »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Blog Stats
  • 25,518 hits
Categories
%d bloggers like this: