Analisa SWOT


SWOT merupakan singkatan dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman).

– Kekuatan merupakan hal positif yang dilakukan oleh perusahaan atau karakteristik perusahaan yang menunjukkan kemampuan perusahaan. Kekuatan perusahaan dapat berupa kemampuan/skill, kompetensi, sumber daya atau aset perusahaan.

– Kelemahan merupakan kekurangan yang dimiliki perusahaan atau sesuatu yang dilakukan perusahaan tidak terlalu baik jika dibandingkan dengan perusahaan yang lain, atau kondisi yang tidak menguntungkan perusahaan.

– Peluang.
Harus dibedakan antara peluang perusahaan dengan peluang industri. Tidak semua perusahaan diuntungkan dengan peluang yang ada di industri. Pada dasarnya peluang industri adalah situasi dimana perusahaan di masa depan dapat menikmati keunggulan bersaing.

– Ancaman merupakan faktor  lingkungan eksternal perusahaan yang mengancam kelangsungan hidup perusahaan. Ancaman bisa berupa: keberadaan teknologi baru yang lebih murah, perkembangan produk substitusi baru, pola ekonomi, tindakan pemerintah, perubahan gaya hidup dan nilai-nilai konsumen,  dll.
Indentifikasi ancaman menjadi sangat penting, tidak hanya karena berpengaruh terhadap daya tarik situasi perusahaan, melainkan juga menentukan bentuk strategi bisnis.

Advertisements
Posted in Free Knowledge

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

August 2013
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
Blog Stats
  • 28,009 hits
Categories
%d bloggers like this: