Bah… hujan


Ditengah hujan ini saya sedang menunggu seorang teman yang sekaligus sebagai salah satu anggota tim dr kegiatan yang akan lakukan. Ya kegiatan ini memang bukan saya yang menjadi pemimpinnya (seperti biasa), karena saya tau kalau saya tidak cocok untuk menjadi seorang pemimpin yang dimana saya memiliki temperamen tinggi dan memiliki sikap untolerance. Ah.. tidak pentinglah membahas saya, kamu, dia, teman saya, atau apapun itu, yg ingin saya bahas disini adalah tentang kegiatan yang akan kami buat.

Kegiatan kali ini seperti dahulu kala yaitu bertema tentang anak jalanan. Saya tidak ingin membuat acara coro atau acar kecil-kecilan yang seperti orang-orang philantropis (bener ga tulisannya?) lakukan. Beberapa tahun bergerak dianak jalanan, saya mengamati berbagai fenomena menarik yang terjadi dan beberapa hal yang sering saya garis bawahi. Pernahkah kalian melihat gerakan yang benar-benar berhasil untuk merubah anak jalanan? Terutama untuk dikota bandung, gerakan-gerakan yang dilalukan berbagai komunitas, yayasan, lsm atau apapun namanya belum berhasil total membuat anak jalanan lepas dari jalanan. Gerakan yang dilakukan hanyalah ibaratkan gerakan memberikan serpihan roti kepada tikus, dan tentu saja tidak mengubah tikus tersebut menjadi burung phoenix.

Banyak dari gerakan ini yang bersifat pragmatis, memasukkan anak-anak jalanan ke sekolah atau ke panti, mengajarkan calistung (baca tulis hitung) yang itu-itu saja materinya, atau bahkan mengajarkan mereka mencari uang (wow! Mereka anak lho!). Parahnya lagi gerakan-gerakan semacam ini kebamyakan berujung kepada kegagalan. Why?

Gerakan-gerakan ini memiliki sebuah kelemahan yaitu pra kondisi dimana seorang anak tidak dipersiapkan secara mental dan psikologis sebelum melakukan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh manusia atau anak-anak rumahan. Siapa yang bisa mempersiapkan ini? Inilah yang ingin aku lakukan bersama teman-teman ku dgn kegiatan yg ingin aku laksanakan. Targetan kami memang anak2 yang sebentar lg beranjak dewasa 16 sampai 18 tahun.

Saya tau gerakan ini membutuhkan biaya yang sangat besar. Saya tau kami tidak dianggap ketika mencari dana baik ke NGO, pemerintah ataupu ke personal karena kami independent. Tapi dalam nurani saya berbicara, acara ini worth it untk kami keluarkan effort yang besar dalam usaha kami mengentaskan permasalahan anak jalanan.

Namun, kali ini saya hanya bisa berkata “bah.. hujan..” karena saya sedang berada diluar utk menanti seorang teman saya

Advertisements
Posted in what i think

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

May 2013
M T W T F S S
« Mar   Jun »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
Blog Stats
  • 25,495 hits
Categories
%d bloggers like this: