Social Worker – 1


Kita dewasa ini sering kali mendengar sesuatu yang berhubungan dengan sosial, termasuk didalamnya adalah pekerja sosial. Pekerjaan Sosial itu sendiri adalah aktivitas profesional untuk menolong individu, kelompok dan masyarakat dalam meningkatkan atau memperbaiki kapasitas mereka agar berfungsi sosial dan menciptakan kondisi-kondisi masyarakat yang kondusif untuk mencapai tujuan tersebut. (Zastrow, 1999)

Pekerjaan Sosial sebagai suatu aktivitias profesional didasari oleh tiga hal, yaitu kerangka pengetahuan (body of knowledge), kerangka keahlian (body of skill), dan kerangka nilai (body of values) yang secara terintegrasi membentuk profil dan pendekatan pekerjaan sosial.

Nilai-nilai, pengetahuan dan ketrampilan pekerja sosial dapat dlihat dar definisi Pekerjaan Sosial yang tercantum dalam Konferensi Dunia (World Conference) di Montreal Kanada pada tahun 2000 yang diselenggarakan oleh International Federation of Social Workers (IFSW), sebagai berikut :

“The social work profession promotes problem solving in human relationships, social change, empowerment and liberation of people, and the enhancement of society. Utilizing theories of human behaviour and social systems, social work intervenes at the points where people interact with their enviroments. Principles of human rights and social justices are fundamental to social work.”

Domain utama dari para Pekerja Sosial adalah dalam bidang kesejahteraan (Welfare). Di Indonesia bidang ini sering kita sebut sebagai pembangunan kesejahteraan sosial, yakni serangkaian aktivitas yang terencana dan melembaga yang ditujukan untuk meningkatkan standar dan kualitas kehidupan manusia. Dengan nama lain yang dilakukan oleh pekerja sosial adalah sebuah proses untuk meningkatkan kondisi sejahtera, pada dasarnya istilah “kesejahteraan” tidak memerlukan lagi embel-embel “sosial” lagi karena sudah jelas menunjuk pada sektor atau bidang tertentu yang terdapat didalam pembangunan sosial. Sepert halnya dokter dalam bidang kesehatan, dan guru didalam bidang pendidikan.

Dalam negara lain, istilah yang banyak digunakan adalah “Welfare” (Kesejahteraan) yang secara konseptual mencakup seluruh proses dan aktivitas untuk mensejahterakan warga negara dan menerangkan sistem pelayanan sosial dan skema perlindungan sosial bagi sekelompok warga yang tidak beruntung. (suharto,2005ab).

Target utama para pekerja sosial ini adalah Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), yaitu mereka yang mengalam hambatan dalam menjalankan fungsi sosialnya sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya yang paling mendasar dan karenanya memerlukan pelayanan kesejahteraan sosial. Sebagai contohnya adalah anak-anak terlantar, anak jalanan, orang miskin, anak atau wanita yang mengalam kekerasan dalam rumah tangga, LANSIA yang terlantar, orang yang terkena HIV/AIDS, pekerja sektor informal, pekerja industri yang tidak mendapatkan jaminan sosial, dan sebagainya.

Peran dan fungsi utama pekerja sosial dalam pembangunan kesejahteraan adalah :

  1. Mendorong pertumbuhan ekonomi melalui penyiapan dan penyediaan SDM atau angkatan kerja yang berkualitas.
  2. Meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) melalui kebijakan dan pelayanan sosial yang berdampak langsung pada peningkatan keberdayaan rakyat dalam mengakses sumber dan pelayanan sosial, ekonomi, pendidikan dan kesehatan.
  3. Mempertegas peran dan manfaat ‘kewajiban negara’ atau state obligation dalam mewujudkan kemerataan kehidupan secara nyata melalui sistem perlindungan sosial.

Dengan nama lain para pekerja sosial haruslah memiliki knowledge, skill and values sehingga dapat menjalankan pekerjaannya secara profesional secara terstruktur untuk mencapai fungsi dan peran utama mereka.

Advertisements
Tagged with: , , , , , ,
Posted in Free Knowledge

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

September 2012
M T W T F S S
« Jun   Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Blog Stats
  • 28,009 hits
Categories
%d bloggers like this: