Identifikasi Kebutuhan Pelanggan (Indentifying Costumer Needs)


Tujuan atau Goals dari Identifikasi Kebutuhan Pelanggan (Indentifying Costumer Needs), yaitu :

  • Memastikan produk terfokus pada kebutuhan pelanggan (costumer needs)
  • Mengidentifikasi kebutuhan laten atau kebutuhan yang tersembunyi
  • Sebagai dasar dalam menetapkan spesifikasi produk
  • Membuat arsip yang merekam aktifitas dalam mengindentifikasi kebutuhan pelanggan
  • Memastikan tidak ada kebutuhan pelanggan yang bersifat kritis terlewat atau terlupakan
  • Membangun pemahaman bersama tentang kebutuhan pelanggan diantara tim pengembang

Pengidentifikasian kebutuhan pelanggan adalah sebuah proses yang dimana terdiri dari lima langkah, yaitu :

  1. Mengumpulkan data mentah (raw data) dari pelanggan
  2. Interprestasikan atau terjemahkan data mentah kedalam istilah kebutuhan pelanggan
  3. Kelompokkan kebutuhan berdasarkan hirarki (primer, sekunder, tersier)
  4. Menetapkan kepentingan relatif dari kebutuhan pelanggan
  5. Refleksikan dalam hasil dan proses

(Bersambung – 5 Langkah Identifikasi Kebutuhan Pelanggan)

Advertisements
Tagged with: , , ,
Posted in Free Knowledge

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

April 2012
M T W T F S S
« Mar   May »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
Blog Stats
  • 28,025 hits
Categories
%d bloggers like this: