Komunitas tanpa batas


Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, mecakup lima pulau utama (besar) dan sekitar 20 kelompok kepulauan yang lebih kecil dengan jumlah total pulau sekitar 17.000 pulau yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Pertumbuhan ekonomi di negara ini pun sebesar 6,5 persen, dimana Indonesia termasuk nomor 14 besar dunia di dalam bidang ekonomi. Tapi sayangnya pertumbuhan ekonomi tersebut tidak dibarengi oleh pemerataaan, dan pertumbuhan ekonomi tersebut hanyalah milik dari dari segelintir orang saja. Ini adalah sebuah konsekuensi logis dari bentuk keterpihakan kepada kepentingan kapitalis karena regulasi yang dibuat pemerintah memang cenderung berpihak kepada perusahaan-perusahaan atau pengusaha-pengusaha dibandingkan memihak kepada kepentingan sosial masyarakatnya.

Ketidakmerataan ini tidak hanya dari sisi faktor pertumbuhan ekonomi saja, tetapi juga dibidang kesehatan dan pendidikan. Hal ini dapat menyebabkan berbagai permasalahan sosial seperti tingginya angka pengangguran, meningkatnya tindakan kriminal, bahkan sampai bertambahnya jumlah anak jalanan. Atas kondisi Indonesia yang seperti ini mulai muncul berbagai macam bentuk komunitas-komunitas dimasyarakat yang dibuat berdasarkan kepedulian untuk membantu di berbagai macam bidang, baik itu bidang sosial, pendidikan, kesehatan, budaya ataupun ekonomi. Tentu saja komunitas ini banyak dipelopori oleh kaum-kaum muda bangsa ini yang dimana pemuda adalah agent of change dari sebuah bangsa. Agent of social change ini dalam sosiologis memiliki dua jenis yaitu agent of change dan social change. Jika kita merujuk kepada Selo Soemadjan, agen perubahan (agent of change) adalah seseorang atau kelompok orang yang mendapat kepercayaan masyarakat sebagai pemimpin satu atau lebih lembaga-lembaga kemasyarakatan yang kemudian berfungsi untuk memimpin masyarakat untuk melakukan perubahan sosial. Dengan nama lain komunitas-komunitas yang dipelopori oleh pemuda/i tersebut haruslah bersatu dengan masyarakat dalam mencapai proses perubahan sosial tersebut.

Agen-agen perubahan dalam bentuk komunitas juga berada disalah satu kota besar Indonesia, yaitu kota Bandung. Kota Bandung sendiri adalah sebuah kota dengan berbagai ragam bentuk komunitas didalamnya, dari komunitas yang bergerak dibidang sosial hingga dari komunitas yang mewadahi hobi yang sama. Dengan berbagai ragam bentuk komunitas tersebut seharusnya dapat terjadi sebuah perubahan yang sangat kompleks jika komunitas itu dapat bergerak secara efisien dan efektif sehingga memiliki hasil yang optimal. Definisi efisien dan efektif disini adalah tercapainya tujuan komunitas tersebut dengan sumber daya yang hemat dan tanpa pemborosan. Tercapainya sebuah tujuan tersebut bisa berarti dalam biaya yang seminimal mungkin atau waktu yang pendek.

Salah satu cara agar komunitas tersebut dapat bergerak atau bertindak secara efisien adalah dengan cara saling berbagi sumber daya yang dimiliki oleh komunitas satu dengan komunitas lainnya. Tetapi untuk mencapai hal tersebut setiap komunitas harus memiliki perasaan berbagi antara satu dengan yang lain agar semua itu dapat terwujud. Rasa keinginan untuk saling berbagi ini bisa merubah kondisi masyarakat menjadi lebih baik dari sebelumnya. Keinginan berbagi disini bisa kita artikan juga sebagai perasaan untuk tolong menolong, karena budaya tolong menolong dalam hal positif ini yang semakin lama semakin memudar dikalangan masyarakat terutama masyarakat kota-kota besar seperti Bandung.

Dengan adanya komunitas-komunitas di kota Bandung seharusnya dapat menumbuhkan rasa saling tolong menolong atau keinginan saling berbagi dan mengikis secara perlahan budaya individual yang terdapat dalam masyarakat perkotaan. Dengan ikatan antar satu komunitas dengan komunitas lainnya dapat menyebabkan perasaan berbagi atau rasa saling tolong menolong itu dapat tersebar dengan lebih cepat. Untuk mencapai hal itu arogansi pribadi tiap-tiap komunitas harus dikurangi agar mencapai cita-cita bersama yang lebih besar, yaitu cita-cita untuk Indonesia.

Advertisements
Tagged with:
Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

April 2012
M T W T F S S
« Mar   May »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
Blog Stats
  • 25,518 hits
Categories
%d bloggers like this: