Parts Of Society


27/03/2012 – 11:47

From : +628562165***

Type : SMS

“Ger,1000forIndonesia lg sibuk apa skrg? Ada sisa waktu&tenaga kah bwt ngerjain satu project lg?”

====================================================

 

27/03/2012 – 11:56

From : +628562165***

Type : SMS

“Gw dpt link ke 1 madrasah d daerah Cijambe (sktr Ujungberung tp k arah gunung2nya). Inisiatif dr 1 ustadz, mrk ngasi pendidikan bwt anak2 sktr yg ga bs sekolah. Tempat itu dibutuhin bgt sm orang sana,tp mrk kesulitan dana. Yg plg urgent bwt bangunannya, udh mulai rusak2 &takut rubuh”

=====================================================

 

27/03/2012 – 12:06

From : +628562165***

Type : SMS

“Ada temen gw yg udh gw kontak bwt bantu ngasi sarana belajar (mrk jg kekurangan itu), tp bwt benerin bangunan ternyata ttp bth dana cair.. Mrk sebenarnya ga butuh gede bwt renov,terakhir dgr sih estimasinya 3Jt. Bolehkah minta tolong 1000forIndonesia bwt jd platform fundraisingnya?”

=====================================================

 

27/03/2012 – 12:10

From : +628562165***

Type : SMS

“Yesss please take your time.. Temen gw msh bantu mrk nyusun RAB,tp terakhir denger sih estimasinya sktr 3Jt”

======================================================

 

27/03/2012 – 12:16

From : +628562165***

Type : SMS

“Sip,RABnya nyusul ya, info laennya gw kirim lwt FB skrg. Trimakasi banyak sebelumnya Gerry!”

 

—————————————————————————————————————-

 

 

Ini adalah SMS yang saya terima hari ini. Terpikir dalam benak saya, berapakah banyak orang diluar sana yang mengalami kesusahan seperti ini? Sudah bukan cerita aneh lagi jika rata-rata diberbagai daerah di Indonesia masih minim akan pendidikan. Salah satu contoh adalah, kegiatan belajar mengajar harus dilakukan setelah menempuh perjalanan selama berjam-jam, dan terkadang harus melewati sungai-sungai. Selain itu, karena tidak ada fasilitas yang mendukung, membuat kegiatan belajar mengajar tersebut terpaksa dilakukan diluar ruangan, dibawah pepohonan, bahkan sampai menumpang di rumah-rumah warga setempat.

 

Daerah Miskin dan Terpencil

 

Masyarakat Kp. Babakan Cimahi yang daerahnya terpencil dan berbukit bukit ini, kebanyakan dari warganya adalah buruh tani, yang penghasilannya tidak menentu. Sebagian mereka menggarap lahan-lahan sewa yang dipunyai oleh orang diluar daerah tersebut (kebanyakan warga Kota Bandung).

 

Kp. Babakan Cimahi, Desa Girimekar Kabupaten Bandung sangat terpencil karena daerah yang berbukit-bukit disertai kondisi jalan yang buruk—hampir sebagian masih batu dan tanah. Padahal daerah ini tidak terlalu jauh dengan perkotaan hanya berjarak + 10 KM dari jalan  perbatasankotaBandung tapi daerah yang secara administratif masuk Kabupaten Bandung, menjadi sangat jauh dengan pusat pemerintahan Kabupaten Bandung yang ada di Soreang.

 

Madrasah Terancam Tutup

Madrasah Khalasha ini awalnya hanya menyelenggarakan kegiatan pendidikan sepertiTamanKanak-kanak Alqur’an (TKA) dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Kini  bertambah dengan berdirinya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) untuk anak seusia SMP. Kini Madrasah Khalasha telah mempunyai 80 orang murid, yang terdiri dari 12 orang murid PAUD, 25 orang murid kelas TKA dan 35 orang kelas TPA, sedangkan 8 orang kelas DTA.

 

Dalam perkembangannya, Madrasah Khalasha ini dibantu oleh relawan-relawan pengajar sebanyak 15 orang. Dari sebanyak pengajar tersebut, tidak semuanya tiap hari mampu mengajar mengingat kebanyakan pengajar bertempat tinggal jauh dari lokasi madrasah. Sehingga para pengajar dilakukan giliran jadwal mengajar, sehari rata-rata dua orang yang seharinya terbagi 3 shift yaitu pada saat Bada Dhuhur, Bada Ashar dan Bada Magrib.

 

Hal tersebut, yang selanjutnya membuat Madrasah yang menjadi andalan bagi warga Kp. Babakan Cimahi ini sulit untuk berkembang bahkan hampir mati suri. “Kesulitan madrasah ini selain biaya operasional, juga kekurangan fasilitas belajar mengajar seperti papan tulis, meja kursi, ATK—seperti kapur pun kami kadang kesulitan,” imbuh Ibu Siti.

 

Aku, Kamu, Dan Kita

Aku adalah manusia, kamu adalah manusia, dan kita adalah manusia. Mungkin bagi kita orang yang terpelajar ataupun orang yang memiliki akses terhadap pendidikan akan berpikir ini semua tanggung jawab dan kewajiban pemerintah. Namun, ke-aku-an diriku berkata lain, ketika kita menunggu pemerintah memenuhi semua kewajibannya maka madrasah ini akan terlanjur rubuh dan akan ada kemungkinan merambah ke permasalahan sosial baru seperti bertambahnya anak jalanan, dan lain-lain.

 

Teringat oleh sebuah quote “Jangan tanyakan apa yang telah negara berikan tetapi tanyakan apa yang telah kamu lakukan untuk negara” membuat saya sebagai bagian dari masyarakat (bukan bagian dr pemerintah) merasa tergugah untuk melakukan sesuatu baik itu secara individu ataupun sebagai bagian dari 1000forIndonesia (https://www.facebook.com/SeribuForIndonesia). Suatu langkah kecil untuk melakukan sesuatu, dan membenahi negara ini satu persatu dengan membantu madrasah ini salah satunya. Tentu saja ini tidak akan menyelesaikan semua konflik atau permasalahan di Indonesia, tetapi setidaknya marilah kita bersama-sama saling bantu membantu menyelesaikan masalah yang ada secara konkrit.

 

Ini bukan tentang suku, agama, ataupun ras. Ini hanya tentang satu hal, yaitu Indonesia. Dan mereka adalah orang-orang yang bergerak di bidang pendidikan secara independen dan membantu orang-orang yang tidak dapat mengakses pendidikan tersebut. Bukankah menjadi lebih bagus membantu orang yang membantu orang lain?

 

Dengan tulisan ini saya mengajak kawan-kawan sekalian untuk saling membantu dalam fundraising yang akan diadakan SFI (Seribu For Indonesia). Hasil dari dana yang terkumpul akan digunakan untuk membiayai renovasi madrasah yang sudah mau ambruk tersebut.

 

Saya akan berikan Info berikutnya untuk permasalahan teknis bagaimana fundraising itu akan diadakan

 

https://www.facebook.com/SeribuForIndonesia

Advertisements
Posted in what i think

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

March 2012
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
Blog Stats
  • 25,518 hits
Categories
%d bloggers like this: