UU No.20/2003 (Bagian 1)


Mari kita membahas tentang definisi pendidikan yang dibuat oleh pemerintah. Di dalam UU No.20/2003 mengenai sistem Pendidikan Nasional, tercantum pengertian pendidikan:

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya sehingga memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan oleh dirinya, masyarakat, banga dan negara.

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana

Kita mulai dengan membahas definisi kata “Usaha” ,Sadar” dan “terencana” di dalam KBBI, yaitu:

  • usa·han1 kegiatan dng mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud; pekerjaan (perbuatan, prakarsa, ikhtiar, daya upaya) untuk mencapai sesuatu: bermacam-macam — telah ditempuhnya untuk mencukupi kebutuhan hidup; — meningkatkan mutu pendidikan;2 kegiatan di bidang perdagangan (dng maksud mencari untung); perdagangan; perusahaan: — perkayuan mengalami kemajuan; — nya di bidang tenun ikat berkembang pesat; 
  • sa·dar1a insaf; merasa; tahu dan mengerti: kita harus — bahwa hidup ini penuh perjuangan;2v ingat kembali (dr pingsan dsb); siuman: orang yg pingsan tadi kini sudah –;3v bangun (dr tidur):tengah malam dia — dr tidurnya krn bermimpi buruk;
  • ren·ca·na n 1 kl cerita; 2 rancangan; buram (rangka sesuatu yg akan dikerjakan): — kerja; 3 konsep; naskah (surat dsb); buram (surat): mana — surat ini; 4 laporan pemberitaan; catatan mengenai pembicaraan dl rapat dsb: penulis dipersilakan membacakan — rapat anggota yg lalu; 5 acara (pembicaraan); program: usulnya tercantum dl — yg akan dibicarakan dl rapat besar6 artikel; makalah; kertas kerja: ia menulis — untuk seminar bahasa7 cak maksud; niat; 

Dengan nama lain kalau boleh saya artikan adalah kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud, dan kita tentu harus merasa tahu dan mengerti kenapa harus melakukan kegiatan tersebut. Tentu saja usaha yang dikeluarkan atau pun kesadaran yang dibentuk harus memiliki konsep, rancangan, laporan pemberitaan, program, dll.

Pertanyaan yang terbersit di benak saya adalah

– Usaha itu membutuhkan pengorbanan, lalu apakah pengorbanan utama di dalam pendidikan yang terdapat di dalam frame pemikiran masyarakat saat ini? Usaha sang anak ataukah berapa banyak duit yang dikeluarkan?

– Apakah seorang anak kecil memiliki kesadaran untuk usaha dia didalam menempuh pendidikan? Anak TK? Anak SD? Tentu saja kesadaran mereka adalah bermain dengan anak sebaya dengan dirinya. Bukan di kurung didalam kotak lalu di paksa untuk duduk dan mendengarkan ceramah sang guru.

-Siapakah yang membuat rencana dalam sebuah pendidikan? Apakah peserta didik diberikan kesempatan dan mampu membuat rencana dalam pendidikan mereka sendiri? Terutama peserta didik yang masih dalam usia anak-anak.

…. untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran…“, usaha terencana yang di atas tentu untuk menwujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran. Suasana seperti apa? Dan proses pembelajaran seperti apa?

 

Sekian dulu… bersambung :p

Advertisements
Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

November 2011
M T W T F S S
« Oct   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
Blog Stats
  • 25,518 hits
Categories
%d bloggers like this: