What they need? – part 1


What they need?

sebuah pertanyaan besar didalam benar ini. Apakah yang mereka butuhkan selain kebutuhan dasar hidup (sandang, pangan, papan)?

mereview penganalisisan ku terdahulu, disana aku menuliskan bahwa kebutuhan dasar mereka seperti dibawah ini

beberapa macam kebutuhan dasar manusia menurut saya yang dapat dijadikan konsep dasar untuk merubah anak-anak tersebut agar dapat memiliki harapan yang cerah. Kebutuhan dasar tersebut yaitu :

  1. Kebutuhan fisik. Kebutuhan ini adalah kebutuhan yang paling mudah dilihat dan tentu saja kebutuhan ini yang sering kali di jadikan kebutuhan urgent untuk dipenuhi. Kebutuhan ini yang saat ini sering di berikan oleh mayoritas elemen-elemen yang peduli terhadap fenomena anak-anak jalanan.
  2. Kebutuhan akan rasa aman; kebutuhan akan rasa aman ini  mencakup fisik dan psikologik. Kebutuhan ini mendorong manusia untuk bersikap hati-hati dan waspada dalam suatu sebuah situasi yang belum sama sekali di kenalnya. Kebutuhan ini menyebabkan kita biasanya lebih merasa aman bekerja secara sistematik di dalam lingkungan yang teratur. Ini salah satu sebagai penyebab bahwa anak-anak merasa diri mereka aman dengan aktifitas mereka di jalanan. Di satu pihak ia dapat menjadi pendorong yang kuat atau dilain pihak ia dapat menjadi penghambat dalam proses merubah anak-anak tersebut.
  3. Kebutuhan akan pengalaman hidup yang baru. Coba kita ingat kembali di masa kecil kita, saat dimana kita menemukan hal yang baru lalu kita dengan antusias menceritakannya kepada orang-orang dewasa di sekitar kita. Terkadang mendengarkan cerita-cerita seorang anak yang baru saja mendapatkan pengalaman baru itu sangat membosankan bagi orang dewasa. Coba elemen-elemen yang peduli kepada anak-anak jalanan itu memberikan sebuah pengalaman-pengalaman baru kepada sang anak agar anak tersebut dapat keluar dari zona nyamannya yaitu jalanan.
  4. Kebutuhan untuk disukai, disenangi, dan disayangi. Semua orang dewasa tentu merasakan hal ini, begitu juga dengan anak kecil terutama anak-anak jalanan, meskipun cara yang ditempuh untuk mencapainya kadang-kadang dengan cara yang bertentangan. Rasa disayangi, disukai dan disenangi dapat memberikan perubahan-perubahan yang signifikan jika elemen-elemen tersebut mau berbagi cinta dan rasa sayang dengan anak jalanan secara intensif dan konsisten.
  5. Kebutuhan untuk dapat dikenal. Setiap manusiapasti  merasa perlu untuk dihargai, dipuji dan dihormati oleh orang lain. Kebutuhan ini menyebabkan mereka mencari status dan perhatian. Orang yang tidak berhasil memenuhi kebutuhan ini mungkin menderita simtom penarikan diri atau sekali menampilkan diri, mencoba menarik perhatian orang lain. Kadang-kadang sulit bagi seseorang untuk menerima kebutuhan pribadi yang mendalam ini sebagai sesuatu yang normal atau alamiah, karena simtom-simtom perilakunya yang begitu menyakitkan bahkan sampai merusak. Tetapi setiap orang yang ingin menolong orang lain belajar harus menerima kebutuhan-kebutuhan personalitas yang terdapat secara alamiah di dalam diri setiap orang sebagai sumber kekuatan motivasi yang luar biasa untuk belajar.

pada dasarnya mereka juga manusia. ya.. manusia yang belum matang, atau dewasa. Proses seperti pematangan atau pendewasaan seperti apakah yang cocok bagi anak-anak ini?

Anak-anak ini sebenarnya bisa berhenti mengelem dengan kurun waktu tertentu dan dalam kondisi tertentu, namun ketika kembali ke lingkungan tempat mereka mengelem dan kondisi yang memungkinkan, mereka akan kembali mengelem seperti sedia kala.

hmmmm….

Advertisements
Posted in what i think

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

October 2010
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Blog Stats
  • 28,025 hits
Categories
%d bloggers like this: