hanya sedikit perlu renungan dan resapi (rumah belajar pasar ciroyom-3)


hanya sedikit perlu renungan dan resapi

setelah 1 bulan berlalu, dalam 2 hari ini saya dan teman saya akhirnya menyempatkan diri untuk kembali beraktifitas di RUBEL ciroyom kembali..

hari pertama
saya datang sekitar jam setengah 5, dengan kondisi rumah belajar dalam keadaan kosong.. saya menyempatkan diri bertemu dengan beberapa anak-anak dan berbincang2 sebentar menanyakan keadaan rumah belajar selama sebulan ini ketika saya tidak pernah kesana..
saya baru mengetahui ternyata akhir2 ini, anak yang belajar disana berkurang drastis tanpa saya tau apa penyebabnya..

warung kopi
akhirnya saya dan teman saya memutuskan untuk mengopi karena terlalu sepinya rumah belajar..
di warung kopi kami berdiskusi banyak hal tentang anak-anak jalanan ini.. sebagian besar saya dan teman saya setuju bahwa tidak adanya perubahan secara signifikan yang dialami sama anak-anak itu.. bahkan kami menilai mereka semakin manja..

Jam setengah enam
waktu akhirnya sudah menunjukkan jam setengah 6 dan karena saya harus melakukan sedikit urusan di himpunan saya (HMGM), akhirnya saya mengajak teman saya untuk segera kembali ke kampus.. sebelum kami ke kampus, kami menyempatkan untuk kembali ke RUmah Belajar sebelum berangkat ke kampus (lagipula mobil kami parkir dekat sana).

@rumah belajar
kami bertemu dengan beberapa orang anak yang sebelumnya dan kemudian bercerita-cerita..

Kaget
Ternyata ada anak yang telah di pesantrenkan dulu dan dia kabur dari tempat pesantren..
ada anak yang sudah sempat di sekolahkan dan dia pun juga kabur dari sekolah..
ada anak yang telah kembali ke rumah orang tuanya dan dia pun juga kabur lagi dari rumahnya..

apa-apaan ini? mereka ternyata lebih betah dengan kondisi jalanan pasar ciroyom dibandingkan kondisi yang dianggap ideal bagi orang-orang yang normal.. semakin rumit dan penuh dengan dilema..

Hari kedua
kemarin kami memutuskan untuk kembali lagi ke RUBEL di sore hari ini. Kami datang dengan kondisi yang tidak jauh beda dengan kemarin, kosong, hanya ada 1 pengajar dan beberapa anak yang belajar.
Saya ingin tau ada apa ini, tapi sebelum memutuskan untuk mencari tau apa yang sedang terjadi selama sebulan saya tidak pernah kesana, saya menunggu hingga jam mengajar selesai.

Akhirnya tiba waktunya
akhir jam mengajar pun selesai, saya dan teman saya mulai berbincang-bincang dengan salah satu pengajar yaitu ibu eka. sambil berbasa-basi menanyakan kemana saja saya selama sebulan ini, akhirnya kisah itu pun dimulai.

Kisah itu
Lebih buruk dari yang pernah saya bayangkan, kondisi pun tidak seperti kemaren-kemaren.. ada seorang anak yang dimasukin pesantren bulan lalu, dan ternyata dia kabur dari pesantren lalu balik lagi ke pasar ciroyom.. terus ada anak yang sudah disekolahkan dan dia kabur juga, mungkin ini salah satu jeleknya sekolah gratis yang diadakan pemerintah..

kasus bunuh diri
dalam 2 minggu ini udah ada 2 anak yang bunuh diri (ga mati yeee)..
kasus pertama itu karena dia kangen keluarga yang ga jelas keberadaannya.
kalau kasus kedua itu baru terjadi hari kamis malam kemaren, yang ini nih gw yang turun TKP langsung.
jadi ada cewek umur 17an, menyilet tangannya berkali2.. gw aja sampe sekarang masih nyeri rasanya tangan gw kalo nginget tangan tuh cewek..

kronologis
jam 7an gw balik dari rubel bersama 3 orang pengajar lainnya.
jam 10an gw dapat telp dari salah satu pengajar yang mengatakan bahwa ada seorang cewek yang bernama novi sedang mengamuk dirumah belajar, dia mengacak-ngacak rumah belajar dan memecahkan setiap kaca yang dilihatnya.
jam 11an gw sampai di tkp dan melihat tuh anak lagi jongkok di dekat sebuah warung, dimana tangannya sedang memegang silet dan tangan sebelah kirinya sudah ada bekas siletan (12jahitan). darahnya membasahi lantai dimana dia jongkok.
orang-orang sekitar terutama orang dewasanya cuek cuek aja tuh anak ngelakuin hal seperti itu ketika gw datang.
pas gw bopong tuh anak untuk gw masukin kedalam mobil dengan niatan mengobati lukanya, tiba2 dia pingsan dan terpaksa gw bawa ke RS terdekat.

prediksi gw :
– tuh anak kan beberapa saat lalu di perkirakan hamil karena salah satu dari anak yang ada di rubel sebut aja si B
-tuh anak sebelumnya pernah pacaran sama si A

kemaren itu menurut gw si cewek berantem sama si A, dikarenakan tuh cewek pernah ML dan sempat hamil (tp digugurkan) karena si B. lalu tuh cewek merasa frustasi akhirnya minum2 dan melakukan hal itu..

Selanjutnya apa yang terjadi?
saya tidak pernah tau apa yang akan terjadi..
tapi saya tau apa yang saya inginkan..
yaitu masa depan yang lebih cerah untuk mereka..

saya yakin para pembaca budiman disini adalah orang terpelajar yang memiliki hati
bisakah kalian turut membantu para sukarelawan untuk menyumbangkan waktu kalian sejam atau dua jam dalam seminggu untuk membantu kami para sukarelawan?

tanya lah hati anda sekalian..
kalian sungguh beruntung..
berbagilah sedikit keberuntungan dengan mereka 🙂

Posted in what i think

Leave a Reply

October 2009
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
Blog Stats
  • 28,009 hits
Categories
