hitam tidaklah buruk


hari ini seorang teman tiba-tiba mengirimkan sms seperti ini

“Ger, ini luhut. sedang dimana? Aku lg bwa adik2 mau nampil dihimatika. Ini sudah digerbang belakang. Tlg temanin yuk. Aku cuma sendiri.”

tanpa berpikir panjang aku langsung mengiyakan sms itu.
setelah rusuh kesana kemari untuk ketemu dia, dan akhirnya tidak jadi ketemu langsung dengan teman saya itu. Saya berada di taman ganesha, dalam keadaan bingung. Tidak tau apa yang harus saya lakukan, menunggu atau tinggal.

pada akhirnya, aku memutuskan untuk turun ke taman ganesha. Di tengah gelap malam aku tidak bisa melihat ada siapa saja di taman itu. Tiba-tiba saya mendengar suara yang tidak asing ditelingga saya. Suara seorang anak kecil… ya.. itu suara salah satu anak ciroyom.. si yadi.. beruntung aku mengenal suara anak-anak itu..

setelah berbincang-bincang beberapa lama dengan para kakak-kakak relawan, akhirnya anak-anak itu diajak ke mesjid salman untuk shalat maghrib berjamaah.

sempat saya berpikir ketika anak-anak itu membuat sedikit kegaduhan di dalam mesjid. dengan tampang kucel dan berantakan. hampir saja si yadi di usir sama petugas mesjidnya, kalau saya tidak manggil dia mungkin dia udah di usir keluar *dasar anak kecil*

hehehe.. dasar tuh bocahh..

sempat aku berpikir, kenapa tuh anak bisa di usir?

karena penampilannya yang serba kumuh kah?

karena dia bermain-main dirumah tuhan kah?

atau karena dia anak kecil kah?

melihat bertahun-tahun silam, aku pernah berkata kepada seorang teman “berwujudlah setan ketika ingin mendekati setan, tapi jangan pernah menjadikan hati mu seperti setan.”

banyak di antara kita yang menganggap setan, hitam, kumuh, kucel atau sejenisnya itu adalah hal yang buruk. dan tak jarang kita menghina atau mengibanya.

atau bahkan, banyak orang-orang yang merasa malaikat, putih, rapi, dan sejenisnya ingin membantu tapi tidak pernah tau apa yang mereka bantu secara seutuhnya.

kenapa bisa begitu?

karena pada sesungguhnya orang yang ingin membantu itu, orang yang berada pada pihak yang berlawanan dengan orang yang ingin dibantu.

menjadi hitam itu tidaklah buruk, dengan maksud dan tujuan tertentu. tapi tentu saja, jangan jadikan hati mu menjadi hitam.


Posted in what i think

Leave a Reply

September 2009
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
Blog Stats
  • 25,518 hits
Categories
