hanya sedikit perlu renungan dan resapi (Rumah belajar pasar ciroyom-2)


hanya sedikit perlu renungan dan resapi

banyak kisah yang bisa aku tuliskan setelah beberapa lama bersama adik-adik di ciroyom.
mungkin sebelum membaca lebih lanjut, silahkan kalian baca yang bagian pertama dari tulisan ini.

setelah beberapa lama, sekarang rumah singgah ciroyom sudah memiliki struktur kepengurusan untuk semester ini.
saya diamahkan sebagai koord Ekstrakurikuler di rumah singgah tersebut. berbagai ide ada di otak kecil saya ini. beribu harapan muncul memenuhi jiwa dan raga ini.

memikirkan nasib adik-adik itu memang sering membuat saya gelisah. dengan beribu ide saya, dan kurangnya sdm. saya berusaha melakukan yang saya bisa.

beberapa kreatifitas akan berusaha saya bentuk untuk anak-anak itu, yang notabene juga anak bangsa ini.

mereka memiliki group band yang bernama “wild boys” pada awalnya, kemudia group band itu berubah nama menjadi “hitam putih” dengan atas saran saya.
bagi saya setiap nama itu haruslah memiliki filosofi tersendiri.
filosofi dari nama group band ini yaitu tidak selamanya hidup ini hitam, terkadang sisi hitam pun masih mempunyai sisi putih.

sudah 3 kali group band ini tampil.
1. di alun-alun kota bandung
2. di acara seminar kampus UPI
3. di acara wisudaan MTI ITB

berbanggalah saya kepada anak-anak ini.

selain adanya group musik, saya juga akan berusaha mengajarkan ketrampilan menggambar, olah vokal, dan seni panggung.
yah, memang saya tidak memiliki keahlian dalam bidang ini. tapi saya akan berusaha mencari bagaimana caranya agar anak-anak ini bisa mempelajarinya.

menghadapi semua ini bukanlah hal yang mudah.
banyak pula masalah yang timbul. dari keresahan masyarakat sekitar ketika ada beberapa cewek yang menginap dirumah singgah, orang mabuk yang ikut tidur dsana sepulang mabuk, bahkan ada yang mengatakan bahwa tempat itu dijadikan tempat tadahan barang curian..

pernah saya pada suatu malam bersama dua orang teman saya melakukan inspeksi tengah malam karena ada tetangga yang melapor bahwa ada cewek-cewek yang menginap disana.
ketika sampai disana, saya dan kedua teman saya memergoki beberapa anak sedang melakukan transaksi obat, dan beberapa diantara mereka sedang teler karena obat dan miras (minuman keras).

belum lagi sebuah peristiwa dimana ada seorang anak yang dipaksa pulang oleh kakaknya yang preman dengan diancam pakai pisau dibagian lehernya.

tapi akhirnya kami pun tidak sendirian.

beberapa kali, kami pun sempat mendapat kunjungan dari beberapa elemn masyarakat.
seperti Home stay untuk sekolah danlap PROKM ITB, Pengabdian Masyarakat dari calon panitia lapangan PROKM ITB, dan kunjungan dari sahabat kota.

ada hal yang membuat saya sempat sedih.
ketika saya tanya “si-A kemana? kok ga pernah kelihatan?”. ternyata anak itu dimasukan pesantren sama orang tuanya. sedih karena berpisah dan tidak sempat bersama dia disaat dia pergi. tapi aku turut berbahagia kalau anak itu bisa berubah dan lepas dari kecanduan lemnya.

saat ini saya sedang berada di jakarta ketika menulis tulisan ini.
sebenarnya kangen sih sama tuh anak-anak..
walaupun jarak memisahkan saya dengan anak-anak itu.. tapi otak ini akan terus menginggatnya..
mengingat kelucuan mereka.. kebandelan mereka.. kecerdasan mereka..
saya berharap bisa cepat kembali kebandung..

berbagilah terhadap sesama, walau itu hanya sepotong roti

PS : silahkan hubungi saya bagi yang mau ikut bantu-bantu di rumah belajar pasar ciroyom

Posted in what i think
6 comments on “hanya sedikit perlu renungan dan resapi (Rumah belajar pasar ciroyom-2)
  1. Tety Benedicta says:

    ger,selama ini aq pikir kejadian yg kyk km ceritain cmn ada di film2 ternyata di dunia nyata jg ada yg kyk itu…
    jadi terharu bacanya,,
    klo ada yg mw dibantuin…bilang ajah yach
    mungkin aja bisa bantuin walaupun ga terlalu banyak

  2. Gredinov sumanta Malsad says:

    iya tet.. gmn klo kamu ikut ngajar? hehehe
    oia, kita lg nyari2 dana buat buka puasa disana nih tiap hari.. bisa-bisa cari bantuan ga tet?

  3. Tety Benedicta says:

    mau donk ikutan ngajar tapi kalo aku dah lulus hehe
    btw,mereka rata2 umur brp emang,ger?
    jadi bisa disesuai-in ama pelajarannya
    hmmm…ntar aku coba tanyain yang teman2quw dech klo ada yang mau nyumbang…;p

  4. Gredinov sumanta Malsad says:

    bukannya emank udah mau wisuda yah kamu?
    rata-rata dari umur sd-smp lah..
    ayo ayo.. bantu bantu

  5. Tety Benedicta says:

    iyah…tapi masih oktober wisudanya…
    boleh lah berhubung aku sekarang sudah menjadi
    jobseeker alias pengangguran
    hehehe

  6. maeayu says:

    Good gred !!!!! Nice mindset …..qt rasanya perlu banyak diskusi , km sepertinya agak2 misunderstanding dengan kata-kata hati yang saya tulis …..bahwa sypun sadar , hidup untuk berbuat. Sekarang saya lagi berbuat dari hal2 yang kecil pula . Tunggulah belenggu yang bernama “Tuntutan sarjana” itu lepas , i ‘ll do a great like u 😉

Leave a Reply

July 2009
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
Blog Stats
  • 28,025 hits
Categories
